Sabtu, 31 Oktober 2015

Mengapa Minum dan Makan Berdiri Dilarang ? Berikut Alasannya !


Sering orang tua ataupun kerabat kita menegur kalau makan atau minum sambil berdiri tidak bagus untuk kesehatan. Rutinitas sekarang yang serba harus cepat memaksa kita harus cepat dalam melakukan sesuatu hal, seperti meminum air di botol A*ua sambil berjalan menuju kantor akan terkesan cepat di banding duduk dulu sambil minum terus menuju kekantor akan memakan waktu yang cukup lama sehingga larangan seperti ini akan terabaikan begitu saja.

Dari segi kesehatan. Air yang masuk dengan cara duduk akan disaring oleh sfringer. Sfringer adalah suatu struktur maskuler (berotot) yang bisa membuka (sehingga air kemih bisa lewat) dan menutup.

Terlepas dari segi Agama berikut beberapa penjelasan mengapa minum dan makan sambil berdiri itu tidak baik untuk kesehatan.

1. Makanan tidak disaring

 

Setiap air yang kita minum akan disalurkan pada ‘pos-pos’ penyaringan yang berada di ginjal. Jika kita minum sambil berdiri. Air yang kita minum otomatis masuk tanpa disaring lagi. Langsung menuju kandung kemih. Ketika menuju kandung kemih itu terjadi pengendapan di saluran sepanjang perjalanan (ureter). Karena banyak limbah-limbah yang menyisa di ureter inilah awal mula munculnya bencana.

2. Kerusakan Pencernaan

 

Pada saat duduk, apa yang diminum atau dimakan oleh seseorang akan berjalan pada dinding usus dengan perlahan dan lambat. Adapun minum sambil berdiri, maka ia akan menyebabkan jatuhnya cairan dengan keras ke dasar usus, menabraknya dengan keras, jika hal ini terjadi berulang-ulang dalam waktu lama maka akan menyebabkan melar dan jatuhnya usus, yang kemudian menyebabkan disfungsi pencernaan.

3. Otot Tegang

 

Manusia pada saat berdiri, ia dalam keadaan tegang, organ keseimbangan dalam pusat saraf sedang bekerja keras, supaya mampu mempertahankan semua otot pada tubuhnya, sehingga bisa berdiri stabil dan dengan sempurna. Ini merupakan kerja yang sangat teliti yang melibatkan semua susunan syaraf dan otot secara bersamaan, yang menjadikan manusia tidak bisa mencapai ketenangan yang merupakan syarat terpenting pada saat makan dan minum.

4. Menyebabkan Pingsan

 

Makanan dan minuman yang disantap pada saat berdiri, bisa berdampak pada refleksi saraf yang dilakukan oleh reaksi saraf kelana (saraf otak kesepuluh) yang banyak tersebar pada lapisan endotel yang mengelilingi usus. Refleksi ini apabila terjadi secara keras dan tiba-tiba, bisa menyebabkan tidak berfungsinya saraf (vagal inhibition) yang parah, untuk menghantarkan detak mematikan bagi jantung, sehingga menyebabkan pingsan atau mati mendadak.

5. Hilangnya rasa nyaman

 

Sebagaimana kondisi keseimbangan pada saat berdiri disertai pengerutan otot pada tenggorokkan yang menghalangi jalannya makanan ke usus secara mudah, dan terkadang menyebabkan rasa sakit yang sangat yang mengganggu fungsi pencernaan, dan seseorang bisa kehilangan rasa nyaman saat makan dan minum.

6. Masalah pada Ginjal

 

Penyakit kristal ginjal. Salah satu penyakit ginjal yang sungguh berbahaya. diduga diakibatkan karena Susah kencing, jelas hal ini berhubungan dengan saluran yang sedikit demi sedikit tersumbat karena makanan tidak di saring.


Demikianlah informasi singkat yang menjelaskan bahwa makan minum sambil berdiri itu berbahaya. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman.