Jumat, 01 Januari 2016

Content is King, Queen is ?

Sering saya menjumpai artikel cara meningkatkan pengunjung blog yang dibuat oleh para mastah (sebutan orang ahli dibidangnya) yang mengatakan cara meningkatkan pengunjung pada blog adalah konten atau artikel. Content is king begitulah prinsip yang sering diucapkan oleh para mastah senior untuk mendapatkan traffic yang berlimpah pada blog yang notabennya masih baru.

Content is king ?


Content is king. Kalau kita memikirkan lebih dalam lagi tentang membuat pengunjung betah di blog maka apa yang disebutkan oleh para mastah senior tersebut memang betul. Cotent is king, saya sangat setuju tentang kata-kata itu. Bayangkan saja jika kita mempunyai artikel yang berjumlah 500 artikel dan setiap artikel ada 5 orang pembaca saja setiap harinya. Maka pengunjung pada hari itu sekitar 500 x 5 = 2500. Ya, sekitar 2.500 pengunjung yang kita dapat pada hari itu. Pada asumsi saya tersebut content yang kita tulis tidak begitu "king" saja bisa setiap harinya bisa memperoleh 5 pengunjung diartikel kita tersebut bagaimana jika artikel kita sudah dikategorikan sebagai "king" maka bisa saja dibaca oleh 50 pengunjung / artikel setiap harinya. Mempunyai traffic berlimpah tersebut adalah harapan oleh setiap pemilik blog. Mempunyai traffic 50 pengunjung / artikel setiap harinya sudah cukup bagi saya.

Queen is ... ?

Bukankah setiap raja ( King ) mempunyai pasangannya sendiri yang sering kita sebut dengan Ratu ( Queen ). Bagaimana si "Raja" tersebut bisa "berwibawa" jika tidak ada pendukung di sisinya. Pendukung ini adalah si "Ratu"nya itu sendirilah. Untuk mengwibawakan si raja (content) tersebut maka templatelah yang mendukungnya. Dalam asumsi saya ini maka template lah yang cocok dikatakan sebagai Queennya blog kita.

Kenapa harus Template ?

Bayangkan saja jika content yang kita miliki sangat bagus tetapi template yang kita miliki sangat hancur. Iklan sana sini, setiap corsur bergerak popup muncul, itu adalah hal yang sangat menyebalkan bagi pengunjung. Jangankan melihat untuk sekedar mampir saja mungkin enggan, apalagi untuk membaca. Bukankah senjata utama dari blog adalah content atau artikel kita. Sudah bersusah payah kita menulis artikel untuk bisa dibaca pengunjung tapi gara-gara template yang kurang teratur pengunjung pun ikut kabur.

Bagaimana Meningkatkan Pengunjung ?

Terdapat banyak artikel dan penjabaran yang sudah para mastah jelaskan dan tuliskan. Tapi menurut saya sebagai pemula ada banyak cara yang terbilang sulit bagi saya yang seorang pemula, contohnya saja SEO. SEO menurut saya sedikit sulit biarpun sudah ber-ebook-ebook yang sudah pernah saya baca. Lalu cara apa yang www.pemulabelajar.com gunakan agar mendapatkan pengunjung ? saya akan jabarkan usaha saya untuk mendapatkan pengunjung meski tidak sampai 50 orang perhari tetapi pengunjung cukup naik dari sebelumnya. Alhamdulillah.
Berikut cara-cara saya untuk meningkatkan pengunjung diblog www.pemulabelajar.com ini :
  • 1. Google Sitemap, hal yang saya gunakan adalah mengindeks blog saya kedalam google webmaster meskipun memakan waktu lama agar google dapat menindeks semua halaman tetapi cara ini cukup efektif untuk mendapatkan pengunjung dari situs perujuk google.com.
  • 2. Komentar, "marilah berkomunikasi agar menjalin persaudaraan lebih dekat lagi" begitulah kata-kata mutiara yang sering para orang tua sebutkan. Ya, cara itu berlaku untuk didunia nyata, tapi cara itu bisa juga berlaku untuk dunia per blog kan. Lantas dengan cara apa ? Pada dunia per blog kan berkemontar adalah bentuk komunikasi kita terhadap orang lain.
  • 3. Media Sosial, cara ini cukup efektif bagi blog baru untuk memperkenalkan diri ke khalayak ramai. Karena sekarang ini setiap harinya orang-orang tak lepas dari dengan namanya Media Sosial. Entah itu perpesan instan seperti bbm, line, whatsapp, dan lain-lain. Tapi, www.pemulabelajar.com menggunakan media sosial hanya twitter dan facebook.
  • 4. Gabung Group, cara yang satu ini juga berkaitan dengan point sebelumnya. Media sosial sekarang mempunyai yang namanya Group. Maka kawan bisa memaksimalkan Group ini dengan ber promosi Ria didalam group tersebut. Contohnya saja Group Blogger facebook.
  • 5. Blogwalking, dengan melakukan seperti pada point 2 dan 4 maka kita tanpa sengaja ber blogwalking dengan teman blogger lainnya. Blogwalking ini ibaratnya kita berkumpul atapun bertegur sapa pada dunia nyata.
Dengan cara diatas tersebutlah www.pemulabelajar.com meningkatkan pengunjung hariannya. Meskipun tidak sama dengan para masta senior tetapi cara ini cukup efektif untuk meningkatkan pengunjung pada blog baru seperti saya ini. Menaikkan pengunjung tergantung seberapa rajin kita mengupdate dan memelihara blog kita agar enak dikunjungi oleh kawan-kawan lainnya.

Maka, dapat disimpulan mengasumsikan template adalah seorang Queen atau ratu sedangkan content adalah seorang King dapat meningkatkan pengunjung dan membetahkan pengunjung berlama-lama diblog kita. Content is king, but template is Queen. Begitu kira-kira kesimpulan saya untuk dunia blog yang mulai saya geluti beberapa bulan ini.
Saya tidak bermaksud menggurui kawan-kawan semua ini hanya sebuah opini seorang pemula yang ingin berbagi wawasan untuk mendapatkan pengunjung murni tidak meningkatkan pengunjung dengan cara black hat. Karena cara tersebut cuma memberikan efek jangka pendeknya saja. Sekian dan Terima Kasih.